Teori Perkembangan Sigmund Frued (TeoriAnalitik)
Teori Perkembangan Sigmund Frued (TeoriAnalitik)
Menurut
Sigmund Fruedteoripsikoanalitik.Adatigatahapan:
1
The
Id :umur 1 tahun ,kepuasanbiologis,takpeduli,belummengenalnilaidannorma-norma.
2
The
ego :umur 2 tahun, terusberkembangperilakunya,mulaimengendalikandorongandaridalamdirinya,mulaimampumempelajaridanmenemukancaramenjelaskanmasalah,mulaimampumenyeleksiperilakuapa
yang bolehdantidakboleh.
3
The
Super Ego :umur 6-7 tahun ,
mulaimatang.
TeoriPerkembanganJean
Piaget (TeoriKognitif)
Membangunkemampuankognitifmelaluitindakan
yang termotivasidengansendirinyaterhadaplingkungan.Piagetmembagiskema yang di
gunakananakuntukmemahamidunianyamelalui 4 priodeutama yang
berkorelasidengandansemakincanggihseiringbertambahnyausia.
Periode sensor motorik (2 tahun)
Bayilahirdengansejumlahrefleksbawaanselainjugadoronganuntukmengeksplorasi.
Skemaawalnyadibentukmelaluidiferansiasirefleksbawaantersebut.
Periode sensor
motorikadalahperiodepertamadariempatperiode.Tahapanperkembangankemampuandanpemahaman
spatial pentingdalamenam sub-tahapan:
1.
Sub-tahapanskema reflex,
Munculsaatlahirsampaiusia6
minggudanberhubunganterutamadengan reflex.
2.
Sub-tahapanfasereaksisirkular
primer,
Dari
usia6
minggusampai4 bulandanberhubunganterutamadenganmunculnyakebiasaan-kebiasaan.
3.
Sub-tahapanfasereaksisekunder,
Munculantarausia
4sampai9 bulandanberhubunganterutamadengankoordinasiantarapenglihatandanpemaknaan
4. Sub-tahapankoordinasireaksisirkularsekunder,
Munculdariusia9
bulansampai12 bulan,saatberkembangnyakemampuanuntukmelihatobjeksebagaisesuatu
yang permanenwalaukelihatannyaberbedakalau di lihatdarisudutberbeda
(permanensiobjek)
5. Sub-tahapanfasereaksisirkulartersier,
Munculdalamusia12
bulansampai18 bulandanberhubunganterutamadenganpenemuancara-carabaruuntukmencapaitujuan.
6. Sub-tahapanawalrepresentasisimbolik,
Berhubunganterutamadengantahapanawalkreativitas
TahapanPraopersional
Merupakantahapankedua
di manaanakbelajarmenggunakandanmengekspresikanobjekdengangambarandan kata-kata
yang bersifategosentris (anakkesulitanuntukmelihatdarisudutpandang orang
lain).Anakdapatmengklasifikasikanobjekmenggunakansatuciri,sepertimengumpulkanbendawarnamerahwalaubentukberbeda-bedaataumengumpulkansemuabendabulatwalauwarnanyaberbeda-beda.Munculantarausia
2 tahunsampai 6 tahun.Anakmengembangkanketrampilanberbahasa.Seiringpendewasaan
,kemampuanmemahamiperspektif orang lain semakinbaik.memilikipemikiran yang
sangatimajinatifsaatinidanmenganggapsetiapbenda yang tidakhidup pun
memilikiperasaan.
TahapanOperasionalKonkrit
Mempunyaiciriberupalogikayang
memadai.Munculpadausia 6 tahunsampai 12 tahun.Proses-proses
pentingselamatahapaniniadalah :
Ø Pengurutan:ukuran ,bentuk,
ataucirilainnya.
Contoh :bila di beribendaberbedaukuran,merekadapatmengurutkandaribenda
yang paling besarke yang paling kecil.
Ø Klasifikasi :
pemberiannamaatauidentitasmenurutukuran,ataukarakteristiklain.Anaktidaklagimemilikiketerbatasanlogikaberupaanimisme
(anggapanbahwasemuabendahidupdanberperasaan)
Ø Decentering
:mempertimbangkanbeberapaaspekdarisuatupermaslahanuntukbisamemecahkannya.Contoh
: anaktidaklagimenganggapcangkirlebartapipendeklebihsedikitisinya disbanding
cangkirkecil yang tinggi.
Komentar
Posting Komentar