Teori Perkembangan Sigmund Frued (TeoriAnalitik)



Teori Perkembangan Sigmund  Frued (TeoriAnalitik)
Menurut Sigmund Fruedteoripsikoanalitik.Adatigatahapan:
1 The Id :umur 1 tahun ,kepuasanbiologis,takpeduli,belummengenalnilaidannorma-norma.
2 The ego :umur 2 tahun, terusberkembangperilakunya,mulaimengendalikandorongandaridalamdirinya,mulaimampumempelajaridanmenemukancaramenjelaskanmasalah,mulaimampumenyeleksiperilakuapa yang bolehdantidakboleh.
3 The Super Ego :umur 6-7 tahun ,                                                                                                          mulaimatang.
TeoriPerkembanganJean Piaget (TeoriKognitif)
Membangunkemampuankognitifmelaluitindakan yang termotivasidengansendirinyaterhadaplingkungan.Piagetmembagiskema yang di gunakananakuntukmemahamidunianyamelalui 4 priodeutama yang berkorelasidengandansemakincanggihseiringbertambahnyausia.
Periode sensor motorik (2 tahun)
Bayilahirdengansejumlahrefleksbawaanselainjugadoronganuntukmengeksplorasi.
Skemaawalnyadibentukmelaluidiferansiasirefleksbawaantersebut.
Periode sensor motorikadalahperiodepertamadariempatperiode.Tahapanperkembangankemampuandanpemahaman spatial pentingdalamenam sub-tahapan:
1.      Sub-tahapanskema reflex,
Munculsaatlahirsampaiusia6 minggudanberhubunganterutamadengan reflex.
2.      Sub-tahapanfasereaksisirkular primer,
Dari usia6 minggusampai4 bulandanberhubunganterutamadenganmunculnyakebiasaan-kebiasaan.
3.      Sub-tahapanfasereaksisekunder,
Munculantarausia 4sampai9 bulandanberhubunganterutamadengankoordinasiantarapenglihatandanpemaknaan

4.      Sub-tahapankoordinasireaksisirkularsekunder,
Munculdariusia9 bulansampai12 bulan,saatberkembangnyakemampuanuntukmelihatobjeksebagaisesuatu yang permanenwalaukelihatannyaberbedakalau di lihatdarisudutberbeda (permanensiobjek)
5.      Sub-tahapanfasereaksisirkulartersier,
Munculdalamusia12 bulansampai18 bulandanberhubunganterutamadenganpenemuancara-carabaruuntukmencapaitujuan.
6.      Sub-tahapanawalrepresentasisimbolik,
Berhubunganterutamadengantahapanawalkreativitas
TahapanPraopersional
Merupakantahapankedua di manaanakbelajarmenggunakandanmengekspresikanobjekdengangambarandan kata-kata yang bersifategosentris (anakkesulitanuntukmelihatdarisudutpandang orang lain).Anakdapatmengklasifikasikanobjekmenggunakansatuciri,sepertimengumpulkanbendawarnamerahwalaubentukberbeda-bedaataumengumpulkansemuabendabulatwalauwarnanyaberbeda-beda.Munculantarausia 2 tahunsampai 6 tahun.Anakmengembangkanketrampilanberbahasa.Seiringpendewasaan ,kemampuanmemahamiperspektif orang lain semakinbaik.memilikipemikiran yang sangatimajinatifsaatinidanmenganggapsetiapbenda yang tidakhidup pun memilikiperasaan.
TahapanOperasionalKonkrit
Mempunyaiciriberupalogikayang memadai.Munculpadausia 6 tahunsampai 12 tahun.Proses-proses pentingselamatahapaniniadalah :
Ø  Pengurutan:ukuran ,bentuk, ataucirilainnya.
Contoh :bila di beribendaberbedaukuran,merekadapatmengurutkandaribenda yang  paling besarke yang paling kecil.
Ø  Klasifikasi : pemberiannamaatauidentitasmenurutukuran,ataukarakteristiklain.Anaktidaklagimemilikiketerbatasanlogikaberupaanimisme (anggapanbahwasemuabendahidupdanberperasaan)
Ø  Decentering :mempertimbangkanbeberapaaspekdarisuatupermaslahanuntukbisamemecahkannya.Contoh : anaktidaklagimenganggapcangkirlebartapipendeklebihsedikitisinya disbanding cangkirkecil yang tinggi.

Komentar

Postingan Populer